Permasalahan yang biasa kita hadapi adalah banyaknya
data yang harus kita kelola dan diperlukan cara untuk menganalisanya dalam
waktu yang singkat. Salah satu Fitur hebat di excel yaitu PivotTable yang
merupakan suatu sarana analisis dengan cara drag and drop. Cara ini sangatlah
mudah dijalankan tanpa harus menulis rumus-rumus yang memusingkan. Dengan cara
drag and drop, teman-teman hanya perlu menggeser-geser fungsi yang teman-teman
inginkan.
·
Mengelompokkan
data sesuai kategori yang diinginkan
·
meringkas
data dalam berbagai perhitungan (sum, count, max, min, dll)
·
Memfilter
data untuk memunculkan data yang diinginkan
Tanpa adanya PivotTable, teman-teman
harus membuat banyak formula untuk dapat merangkum segudang data yang sobat
miliki. Yang pastinya membuat teman-teman kehilangan banyak waktu dan membuat
stress. Jadi untuk yang masih merangkum data secara manual sudah waktunya untuk
beralih dengan cara ini.
Kesimpulannya: Pivot Table merupakan tool yang sangat
bagus untuk menghitung, meringkas dan menganalisis segudang data yang teman-teman
miliki dalam waktu yang sangat singkat. Punya data yang bejibun maka pivot
table adalah solusinya. Bagus dalam pembuatan data base, laporan, dll. Untuk
lebih jelas dalam praktek langsung teman-teman rumah anak sipil dapat mengikuti tutorial di bawah ini:
Lihat juga tutorial lainnya disini
Selamat belajar dan semoga sukses.
No comments:
Post a Comment