Tuesday, December 4, 2018

BELAJAR MEMBUAT PIVOT TABLE DI LAPORAN STRUKTUR




Permasalahan yang biasa kita hadapi adalah banyaknya data yang harus kita kelola dan diperlukan cara untuk menganalisanya dalam waktu yang singkat. Salah satu Fitur hebat di excel yaitu PivotTable yang merupakan suatu sarana analisis dengan cara drag and drop. Cara ini sangatlah mudah dijalankan tanpa harus menulis rumus-rumus yang memusingkan. Dengan cara drag and drop, teman-teman hanya perlu menggeser-geser fungsi yang teman-teman inginkan.
Adapun manfaat PivotTable adalah sebagai berikut:
·         Mengelompokkan data sesuai kategori yang diinginkan
·         meringkas data dalam berbagai perhitungan (sum, count, max, min, dll)
·         Memfilter data untuk memunculkan data yang diinginkan
Tanpa adanya PivotTable, teman-teman harus membuat banyak formula untuk dapat merangkum segudang data yang sobat miliki. Yang pastinya membuat teman-teman kehilangan banyak waktu dan membuat stress. Jadi untuk yang masih merangkum data secara manual sudah waktunya untuk beralih dengan cara ini.

Kesimpulannya: Pivot Table merupakan tool yang sangat bagus untuk menghitung, meringkas dan menganalisis segudang data yang teman-teman miliki dalam waktu yang sangat singkat. Punya data yang bejibun maka pivot table adalah solusinya. Bagus dalam pembuatan data base, laporan, dll. Untuk lebih jelas dalam praktek langsung teman-teman rumah anak sipil dapat mengikuti tutorial di bawah ini:


Lihat juga tutorial lainnya disini

Selamat belajar dan semoga sukses.

No comments:

Post a Comment