Thursday, November 22, 2018

CARA COPY OBJEK DARI AUTOCAD KE EXCEL




Membuat Perhitungan Backup Volume Bangunan atau persentasi tentang suatu bangunan yang didalam nya perlu di masukkan data-data informatif tentang kanstruksi bangunan tersebut. Terkadang kita perlu untuk menyisipkan gambar dari Autocad kedalam software excel, atau powerpoint. Sehingga dengan data-beserta gambar yang kita paparkan akan membuat audience atau rekan kerja kita menjadi paham dan puas dengan pekerjaan kita.

Kali ini rumah anak sipil akan mengulas bagaimana cara untuk memasukkan gambar autocad kedalam program excel dan powerpoint. Mungkin kalau menyisipkan gambar berupa file JPEG, PNG, BMP, GIF, dll teman-teman pasti sudah tahu caranya, Namun jika menyisipkan gambar dari lembar kerja Autocad biasanya teman-teman yang masih pemula agak kesulitan, terkadang ukurannya yang kecil, cara pengaturan warnanya dan tebal tipis garisnya. Dan jika kita copy melalui fasilitas print screen hasilya biasanya akan pecah, dan tidak memuaskan.

Caranya sebenarnya sangatlah mudah, tidak perlu melakukan banyak cara-cara sulit. Sobat Rumah Anak Sipil dapat mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Buka Gambar AutoCAD yang ingin disisipkan ke dalam slide presentasi dan excel
  2. Ketik perintah Z lalu fokus ke objek gambar yang akan di copy
  3. Setelah zoom, Seleksi atau pilih gambar yang akan dicopy. Setelah terpilih gunakan shortcut keyboard CTRL + C
  4. Lalu Pastekan Ke Excel / powerpoint

Untuk Excel:
Cara pertama.. Paste biasa lalu pilih format ubah warnanya ke hitam putih dengan mengurangi brightnesnya, untuk membuatnya transparant hilangkan warna background dan garis tepinya. Objek dapat di edit cad nya namun tidak bisa di crop

Cara Kedua.. Paste Special lalu pilih metafile, pilih format dan hilangkan brightnessnya, kelebihannya objek dapat di crop namun tidak bisa edit.

Untuk Powerpoint:
Jangan paste biasa, namun sebelum paste klik kanan terlebih dahulu dan pilih picture sebagai media pastenya. Lalu lakukan editing seperti excel.

Untuk lebih jelanya lihat tutorial di video berikut ini:


Lihat juga tutorial lainnya disini

Selamat mencoba dan semoga sukses.

Salam Rumah Anak Sipil