Sunday, December 9, 2018

BELAJAR MENGGUNAKAN LAYOUT DI AUTOCAD



Buat pemula dalam belajar autocad, biasanya belum terlalu mengenal yang namanya layout. Jadi terkesan bahwa layout tidaklah mudah digunakan, dan cukup memakan waktu untuk settingannya. Padahal sebenarnya layout ini sangatlah membantu kita seorang drafter dalam bekerja di Autocad 

Layout adalah tata letak model yang diletakkan secara spesifik di dalam lembar kerja di autocad yang bernama layout dan nantinya akan di cetak langsung melalui layout tersebut. Secara sederhana layout adalah tempat setting gambar untuk di print.  

Di dalam sheet model, kita dapat menggambar bebas, dan biasanya jika teman-teman rumah anak sipil memang berencana menggunakan layout sebagai media cetak nya. Teman-teman baiknya mengunakan skala 1 : 1 di model autocad atau 1 : 100 seperti yang saya biasa gunakan.
Selain itu di dalam model kita bisa menggambar sebanyak mungkin tanpa memikirkan untuk melakukan permainan skala. Berbeda jika kita tidak menggunakan layout dalam media printnya, kita harus memainkan skala pada objek cetak printnya.

Satu hal yang perlu teman-teman Rumah Anak Sipil pahami adalah bahwasanya layout tersebut pada dasarnya adalah kertas. So, jika teman-teman ingin mencetak gambar di layout maka ada 3 hal wajib yang harus disiapkan terlebih dahulu. Adapun hal-hal tersebut adalah:
  1. Kop atau batas kertas seperti, A0, A1, A2, A3, dll. Kop ini berfungsi sebagai acuan layout kita
  2. Siapkan Jenis Printer nya, dan settingan kertas di dalam print tersebut harus diedit agar batas kertasnya sesuai dengan skala gambar aslinya
  3. Skala model dan layout harus sama agar tidak terjadi perubahan bentuk garis di cetakan layout kita
  4. Jendela viewport. Biasanya tersedia di setiap sheet layout. Jangan lupa untuk mengganti layernya menjadi defpoint, jika teman-teman tidak ingin garis tersebut terlihat saat mencetak.


Untuk prakteknya teman-teman bisa menonton video di bawah ini:


 Lihat juga tutorial lainnya disini
 

Sering-seringlah melatih menggunakan layout ini karena hal ini sangat lah membantu percepatan penggambaran teman-teman. Selamat Belajar dan Good Luck.



No comments:

Post a Comment