Wednesday, October 24, 2018

BELAJAR FUNGSI VLOOKUP DAN HLOOKUP DI EXCEL




Belajar fungsi Vlookup dan Hlookup Microsoft Excel. Kali ini Rumah Anak Sipil akan memberikan tutorial bagaimana menggunakan fungsi Vlookup dan Hlookup. Fungsi atau Rumus Vlookup / Hlookup merupakan salah satu rumus excel dasar yang sering dibutuhkan dalam dunia teknik sipil, seperti membuat perhitungan backup, aplikasi, keuangan, laporan, dll.


pertama-tama kita harus tahu dulu kegunaan masing-masing fungsi. Fungsi Rumus Excel Vlookup dan Hlookup merupakan salah satu fungsi ms. Excel untuk mencari data di kolom pertama suatu tabel data, kemudian mengambil nilai dari sel mana pun di baris yang sama dengan tabel data tersebut. Dengan fungsi ini kita dapat mengisi data pada sebuah tabel berdasarkan data pada tabel referensi lain dengan menggunakan sebuah nilai kunci yang spesifik.

Huruf awal "V" didepan Vlookup merupakan singkatan kata dari Vertikal. Istilah vertikal ini merujuk pada tabel acuan yang digunakan, yang mana header atau judul tabel terletak dibagian atas dan field datanya tersusun kebawah secara vertikal. terdapat pilihan untuk menentukan TRUE bila ingin  hasil yang mendekati atau FALSE bila ingin hasil yang serupa dengan nilai awal. Jika tidak ingin menentukan true atau false, isikan blank maka nilai default akan menjadi FALSE.

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Berikut penjelasannya :
         lookup_value adalah suatu nilai yang digunakan untuk mencari data seperti yang diperlukan.
         table_array adalah area yang digunakan untuk mencari data yang diperlukan.
         col_index_num adalah nomor urut column yang akan diambil nilainya sesuai nomor column di tabel. Bila diinput dengan nilai yang jumlahnya kurang dari 1, maka hasilnya yaitu ERROR#VALUE!. Akan tetapi bila anda mengisinya dengan angka yang lebih besar dari jumlah column yang ada di tabel maka hasilnya ERROR#REFF!.
         range_lookup yaitu nilai true atau false. Bila true maka digunakan bila anda ingin mendapatkan hasil yang mendekati, dan jika false maka digunakan bila anda menginginkan nilai yang pasti. Agar supaya syntax rumusnya lebih singkat, maka true dapat diganti 0 sedangkan untuk false dapat diganti dengan angka
Jika Vlookup untuk membaca hasil yang tegak lurus maka Hlookup untuk membaca hasil mendatar, untuk lebih jelasnya lagi ikuti langkah tutorialnya dibawah ini:


Lihat tutorial lainnya disini

No comments:

Post a Comment