Wednesday, August 8, 2018

BELAJAR DESAIN RUMAH 2 LANTAI

I. DESAIN RUMAH DUA LANTAI DENGAN AUTOCAD 2007 

      Dalam kesempatan ini saya membuat sebuah tutorial tentang belajar AutoCAD. Tutorial tersebut ialah mengenai perencanaan dalam membuat desain rumah dua tingkat tipe 40. Setelah rencana rumah dengan AutoCAD selesai saya rencananya akan lanjutkan tutorial membuat visual 3D nya dengan SketchUP dan kemudian menghitung strukturnya dengan SAP2000, dan terakhir membuat RAB nya dengan Microsoft Excel.



Mengapa saya memilih AutoCAD versi 2007, karena versi ini adalah versi yang paling ringan untuk komputer atau laptop dengan spek yang rendah. Jika sudah menguasai autocad 2007 akan mudah menguasai versi autocad terbaru sekalipun. Alasan lainnya adalah karena tutorial ini di khususkan untuk pemula maka saya gunakan versi yang paling dasar dan paling banyak digunakan hingga saat ini (2018).

Tutorial menggambar rumah 2 lantainya dapat temen-temen tonton di link you tube dibawah ini. Pastikan temen-temen mengikuti satu-persatu tutorialnya agar tidak ada yang terlewati y, selamat belajar dan subscribenya di bawah ini y



Berikut link video tutorialnya:
1. Desain rumah 2 lantai bagian 1. Persiapan


Dalam tutorial persiapan ini kita belajar bagaimana membuat layer, format text, menambah tipe garis, dan mengatur tampilan layar.

2. Desain rumah 2 lantai bagian 2. Membuat denah dinding rumah


Di sesi ke 2 tutorial kita belajar bagaimana membuat denah, perintah yang akan kita pelajari ialah tentang line, dimension, match properties, dan multiline

3. Desain rumah 2 lantai bagian 3. Membuat denah kolom


Di sesi ke 3 kita belajar bagaimana mengasumsikan dimensi kolom terlebih dahulu. Perintah-perintah yang akan kita pelajari disini adalah block, arsiran atau hatch, copy, explode, extend, trim, stretch, rectangle, dan bedit.

4. Desain rumah 2 lantai bagian 4. Membuat kosen dan tangga


Di Sesi ke 4 kita belajar bagaimana membuat potongan kosen pada denah, juga belajar cara membuat denah tangga, Perintah-perintah yang akan kita pelajari Arc, Rotate, Mirror, Poly Line, dan Xline

5. Desain rumah 2 lantai bagian 5. Membuat denah lantai dua


DI sesi ke 5 kita belajar bagaimana mengcopy denah lantai 1 dan menjadikannya denah lantai 2, tidak ada perintah baru yang akan kita pelajaridisini.

6. Desain rumah 2 lantai bagian 6. Membuat tampak


Di sesi ke 6 kita akan belajar bagaimana membuat tampak depan dan samping bangunan dari denah yang kita punya, perintah yang akan kita pelajari disini adalah offset

7. Desain rumah 2 lantai bagian 7. Membuat keterangan nama dan KOP


Di sesi ke 7 kita akan belajar membuat keterangan nama dan kop dalam bentuk blok, disini kita belajar bagaimana mengkombinasikan attribut dan block editor sehingga kita akan memiliki blok yang fleksibel. Dalam artian blok tersebut dapat di stretch, putar atau di ganti text nya tanpa mengubah blok itu sendiri. Selain itu kita juga belajar bagaimana membuat settingan batas garis untuk ngeprint. Perintah yang kita pelajari disini diantaranya text, attribut, attsync, dan dimensi linier.

8. Desain rumah 2 lantai bagian 8. Migrasi dari AutoCAD 2007 ke AutoCAD 2016


Di sesi ke 8 kita akan belajar bagaimana mengubah tampilan Autocad versi 2016 seperti 2007. sesi ini di khususkan bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan autocad 2007.

9. Desain rumah 2 lantai bagian 9. Membuat Potongan Melintang


Di sesi ke 9 kita belajar bagaimana membuat potongan rumah yang kita proyeksikan dari denah dan tampak. Disini kita juga belajar bagaimana memasukkan gambar pohon dari file yang lain. Kita juga akan belajar bagaimana membuat blok dinding di kombinasikan dengan parameter blok yang bisa ditarik-tarik

10. Desain rumah 2 lantai bagian 10 dengan AutoCAD. Membuat Potongan Memanjang


Di sesi ke 10 kita akan belajar membuat potongan memanjang, setelah sesi ini kita tidak dulu melanjutkan gambar cad kita karena kita akan menghitung strukturnya terlebih dahulu dengan aplikasi sap 2000. Agar tidak ada revisi saat kita sudah selesai membuat gambar ternyata hitungan strukturnya salah sehingga kita harus menggambar ulang.

11. Desain rumah 2 lantai bagian 10 dengan AutoCAD. Membuat Potongan Memanjang

12. Desain Rumah 2 Lantai bagian 12 Membuat Geometri Struktur dengan Sap2000



1 comment: